Rabu, 02 September 2015

ciri khas dan budaya lumajang

Lumajang adalah sebuah kabupaten di propinsi jawa timur, indonesia. Ibukotanya adalah lumajang. Kabupaten ii berbatasan dengan kabupaten propolinggo di utara, kabupaten jember di timur, samudra hindia di selatan, serta kabupaten malang di barat
 Lumajang memiliki cukup banyak lokasi wisata pantai dilaut selatan(samudra hindia) seperti pantai bambang, watu pecak, watu godeg dan watu gedeg. Disamping itu, di lereng lereng timur semeru terdapat beberapa lokasi wisata lokal seperti piket nol, yang menjadi puncak tertinggi di lintas perbukitan selatan lumajang-malang. Di daerah sumber mujur juga terdapat kawasan hutan bambu di sekitar mata air sumber deling yang merupakan tempat pelestarian aneka jenis tanaman bambu, yang sekaligus menjadi habitat bagi kawanan keradan ribuan kelelawar(kalong). Di pasrujambe terdapat sebuah wisata mata air suci dan pura waktu klosot yang menjadi tujuan wisata bagi peziarah hindu dari bali.
KESENIAN:
Tari Topeng Khas Kaliwungu, masih lestari sampai sekarang ,orang yang berpengaruh terhadap lahirnya tari Topeng di Kaliwungi adalah Alm.Senemo, Seorang seniman asal kaliwungu yang hingga akhir khayatnya yang selalu berkomitmen mengembangkan dan melestraikan tradisi seni budaya asli lumajang. beliau juga pernah mendapatkan penghargaan dari Gubenrnur Jawa Timur sebagai seniman Jawa Timur.
Tari topeng Kaliwungu ini berangkat dari pertunjukan wayang topeng yang ada di desa Kaliwungu Kabupaten Lumajang. Tarian topeng ini pada mulanya sebagai bagian dari pertunjukan sandur di Lumajang, terutama ditampikan pada bagian awal. Bagian dari penyajian yang umumnya digunakan untuk mengawali pertunjukan tersebut diangkat sebagai tarian lepas dengan nema Topeng Kaliwungu
Gerakan Tarian ini menggambaran perpindahan Arya Wiraraja raja Lumajang dari Sumenep ke Lamajang, Gerakan yang tegas khas madura kemudian juga ada gerakan-gerakan yang lembut khas jawa. Memang tidak mudah karena tari topeng berkultur Madura yang diiringi dengan alat musik, kenong telok ini untuk bisa bertahan lama. Selain sulitnya masyarakat madura meninggalkan tradisi ini tetapi di desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh yang nota bene sebagian besar tinggal suku Madura, seni Tari Topeng Khas Kaliwungu sampai kini masih dipertahankan dan dilestarikan.

 Makanan khas kota lumajang yaitu:
1.Pisang Agung

2.Lupis Lumajang
Lupis ini yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan waktu yang lama yang dibentuk seperti segitiga yang dibungkus oleh daun pisang. Teksturnya kenyal- kenyal.

3. Lontong Petis
Lontong petis ini dibuat dari beras yang didalanya di berikan daging ayam, telur, tahu, kentang yang diolah menjadi satu. Dan disediakan petis.
4. Pecel Telo
Yang terbuat dari sayur-sayuran atau jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah, dan kemudian diberi bumbu yang bahan bakunya dari umbi jalar.
Bledos Khas lumajang
Bledus ini yang terbuat dari jagung pipil kering . dan direbus dalam waktu yang lama yang ditaburi dengan kelapa parut.
sumber:kunjungi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar